Langsung ke konten utama

LUNCHBOX


Jadwal yang sibuk dan serba cepat sering terjadi, baik dikalangan orang dewasa maupun anak-anak. Sehingga tak jarang ditemukan orang dewasa maupun anak-anak yang membawa bekal makan siang. Di Amerika, sebagian besar masyarakatnya membawa bekal makan siang yang praktis dan mampu menunda rasa lapar bahkan mampu menyenyangkan perut mereka. Beberapa jenis bahan pangan yang sering dijadikan bekal makan siang di Amerika ialah roti, selai kacang, selai anggur, jus dalam kemasan, baby carrot, goldfish crackers, serta twinkies.

Roti yang biasa dibawa sebagai bekal makan siang adalah roti tawar. Roti tersebut biasanya dikonsumsi bersama dengan selai kacang (peanut butter) atau selai anggur. Salah satu merek roti tawar yang telah dikenal dan dikonsumsi masyarakat Amerika adalah Wonder Bread. Roti tawar tersebut terbuat dari tepung terigu, ragi, beberapa jenis bahan tambahan pangan, dan larutan gula 5% yang berfungsi untuk memberikan aroma manis yang khas. Peanut butter yang diminati oleh 40% warga Amerika adalah selai kacang yang masih terdapat potongan kacangnya (crunchy). Salah satu merek peanut butter yang terkenal di Amerika adalah Sunland Inc. Selain olesan selai kacang, selai anggur juga menjadi salah satu opsi topping pada roti tawar. Selai anggur terbuat dari jus anggur yang ditambahkan dengan pektin dan tambahan lainnya sehingga akan terbentuk tekstur selai yang baik. Salah satu merek selai anggur yang diminati adalah selai anggur produksi dari perkebunan anggur Welch's di timur laut Pennsylvania.

Tak hanya roti, minuman juga menjadi salah satu pilihan menu yang banyak dipilih untuk makan siang. Minuman yang sering dibawa bersama dengan bekal makan siang adalah jus. Jus yang dibawa merupakan jus kemasan yang dikemas dengan menggunakan Tetra Pak sehingga memberikan kepraktisan bagi para konsumen. Jus yang sering dikonsumsi dari merek Juicy Juice Bottling Plant adalah jus apel. Jus ini memiliki kapasitas produksi 8.000 gallon per hari. Jus dalam kotak Tetra Pak menjadi pilihan banyak masyarakat di Amerika dikarenakan kemasannya yang aman, sehingga dapat menjaga kualitas produk.

Selain roti dan minuman, masyarakat Amerika juga sering membawa snack atau makanan ringan sebagai menu pilihan pada bekal makan siang. Snack yang sering dikonsumsi masyarakat Amerika seperti baby carrot, goldfish crackers, dan twinkies. Baby carrot merupakan wortel dengan bentuk besar (yang telah dibesarkan untuk menjadi sedikit lebih manis dan oranye), dicincang menjadi 3 bagian dan kemudian dikirim melalui mesin khusus untuk didinginkan ke dalam nubs kecil yang lucu. Produsen wortel terbesar di Amerika ialah Bolthouse Farm, di Bakersfield, California. Dimana produsen ini juga menjadi pemasok 90% konsumsi wortel di Amerika. Goldfish crackers merupakan salah satu makanan ringan favorit yang diproduksi oleh Pepperidge Farm. Makanan ringan ini tidak terbuat dari bahan laut, namun terbuat dari tepung terigu, garam, gula, air, ragi, serta bumbu-bumbu yang dicetak membentuk ikan. Sedangkan twinkies adalah makanan penutup yang mirip seperti cakes dengan isian krim vanila. Makanan ini sudah diproduksi di Amerika sejak 1933 dan diikutsertakan sebagai simbol negara pada tahun 1999.

Biasanya, anak-anak akan menjadi lebih waspada dan fokus ketika dipicu oleh makanan sehat. Tingkat konsentrasi berkelanjutan yang lebih tinggi menandakan bahwa anak-anak dapat lebih mudah menyimpan informasi ketika belajar. Oleh karena itu, makanan yang ada pada kotak makan siang dapat membuat sepertiga dari nutrisi harian mereka dan menyediakan semua energi yang dibutuhkan untuk melewati hari yang penuh aksi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kaledo (Kaki Lembu Donggala) - Makanan Khas Sulawesi Tengah

Kaledo merupakan makanan khas Sulawesi Tengah, tepatnya di Donggala, Kota Palu yang berupa sop bening tulang kaki sapi dan sumsumnya yang disajikan saat masih panas. Bumbu-bumbu yang digunakan berupa cabe rawit, dan asam mentah yang terlebih dahulu direbus dan dihaluskan, serta garam secukupnya. Makanan ini banyak dihidangkan pada hari-hari besar oleh masyarakat Sulawesi Tengah, seperti Lebaran atau Idul Fitri. Biasanya, penyajiannya dipadukan dengan Burasa (nasi santan yang dibungkus daun pisang). Selain itu, kaledo khas Palu ini juga biasa dikonsumsi dengan singkong atau ubi rebus (Tjota, dkk., 2017) . Salah satu mata pencaharian Donggala adalah ternak sapi. Donggala memiliki ternak sapi yang khas yang dinamakan sapi Donggala. Sapi Donggala telah dibudidayakan secara turun-temurun, sehingga menjadi kekayaan sumber daya genetik ternak Indonesia. Sumber mata pencaharian inilah yang menciptakan suatu kuliner khas Donggala yang baru yang berbahan dasar daging sapi, yaitu Kaledo (Kak

TABLE MANNER

Table Manner  merupakan aturan etiket yang digunakan dalam sebuah jamuan makan yang terdiri dari beberapa tahap menu yang dihidangkan bergantian dari mulai pembuka (appetizer) sampai pada tahap penutup (dessert). Aturan dalam table manner mencakup penggunaan yang tepat dari peralatan makan. Selama ini table manner identik dengan acara jamuan makan resmi bergaya Barat. Sebenarnya tidak demikian. Etiket makan tidak hanya terdapat di negara-negara barat. Di negara lain seperti Jepang, Cina, termasuk Indonesia pun memiliki etiket makan masing-masing. Pertama kali, table manner diperkenalkan oleh Raja Louis dari Perancis yang memiliki kebiasaan mengadakan jamuan dan mengundang para bangsawan kerajaan-kerajaan di sekitarnya. Bagi bangsa Eropa, table manner merupakan aturan standar yang sering digunakan pada saat acara makan bersama di keluarga besar terutama saat bersantap bersama-sama di sebuah acara resmi. Terdapat beberapa aturan  table manner  yang umum dipelajari,

MAKANAN KHAS INDONESIA HASIL ASIMILASI BUDAYA

Sebagai pembentuk dan penanda identitas kebudayaan suatu daerah, makanan (termasuk bahan pangan yang dapat dikonsumsi) merupakan bagian dari budaya masyarakat yang digolongkan sebagai bagian dari kebudayaan materiil   dan aspek sistem peralatan hidup. Menurut Den Hartog pada tahun 2006, makanan merupakan bagian yang menyatu antara budaya kelompok, agama dan bangsa. Pemaknaan tersebut menandai konsep mendasar mengenai makanan tradisional. Dalam sudut pandang ilmu pangan, ada kecenderungan bagi masyarakat untuk memperkenalkan makanan tradisional dari daerah mereka masing-masing, namun karena masifnya makanan modern dan makanan instan serta perubahan posisi makanan sebagai simbol ekspresi belaka, sehingga masyarakat memilih makanan tersebut menjadi konsumsi sehari-hari dan cenderung melupakan makanan khas daerahnya. Berikut merupakan beberapa contoh makanan khas Indonesia yang menjadi hasil dari asimilasi budaya: Siomay Siomay merupakan salah satu jenis dim sum yang digemari oleh m