Langsung ke konten utama

Kunjungan Industri PT. Ultrajaya Milk Industry - Bagaimana Pembuatan Susu UHT?


Kesadaran akan pentingnya kualitas hidup menuntut masyarakat untuk mencari produk-produk pangan alami demi menjaga kesehatan. Produk pangan alami tersebut antara lain bahan pangan fungsional yang berasal dari tanaman atau hewan. Susu merupakan cairan biologis yang dihasilkan mamalia, untuk memenuhi semua kebutuhan gizi anaknya yang baru lahir. Di dalam susu, terkandung karbohidrat (laktosa), protein, lemak, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh (Safitri & Swarastuti 2011). Susu diketahui memiliki nutrisi yang tinggi, terutama pada kandungan protein dan karbohidrat jenis laktosa. Akibatnya, susu mudah rusak karena mikroba dapat tumbuh di susu segar. Maka dari itu, diperlukan suatu pengolahan agar susu tidak mudah rusak. Salah satu pengolahan yang dapat diterapkan pada susu adalah sterilisasi atau Ultra High Temperature (UHT) (Fellows, 2016).

Di negara-negara berkembang, susu yang diolah secara UHT memiliki umur simpan yang lebih panjang membuat susu tersebut lebih disukai. Umur simpan susu UHT dapat melebihi 6 bulan. Saat ini beragam jenis susu telah beredar di pasaran. Beberapa jenis susu yang saat ini beredar di pasaran, yaitu susu segar, susu pasteurisasi, susu UHT, susu steril, susu skim, susu rendah lemak, susu kental manis, dan lainnya. Susu UHT merupakan produk susu cair yang diperoleh dari susu segar ataupun susu rekombinasi (campuran susu skim dan krim) yang dipanaskan tidak kurang dari 100oC selama waktu yang cukup untuk mencapai keadaan steril dan dikemas secara kedap. Umumnya, kadar lemak pada susu UHT tidak kurang dari 3% dan total padatan bukan lemak tidak kurang dari 8% (Utami, 2009).

Proses pemanasan susu UHT dapat menggunakan salah satu dari dua metode yang tersedia, yaitu direct UHT processing dan indirect UHT processing. Perbedaan kedua metode ini terdapat pada proses pindah panas ke susu. Metode pemanasan susu yang berbeda juga akan memberikan hasil akhir susu UHT yang berbeda, dimana masing-masing metode memiliki kelebihan dan kekurangan yang dilihat dari aspek efisiensi dan kualitas yang dihasilkan. Direct UHT processing memiliki proses berdasarkan dari dua metode transfer panas untuk memperoleh temperatur UHT di atas 135, yaitu steam injection dan steam infusionSteam injection adalah metode pemanasan dengan diinjeksi uap secara langsung (Direct Steam Injection), dengan menggunakan uap bertekanan tinggi yang akan diinjeksi ke dalam aliran susu untuk meningkatkan suhu susu. Sedangkan steam infusion adalah metode pemanasan dengan menyemprotkan susu ke dalam sistem yang telah disemprotkan uap panas sehingga dapat meningkatkan suhu susu. Plants direct heat transfer pada susu UHT yang menggunakan injeksi uap atau steam infusion juga dapat digabungkan dengan plate atau tubular heat exchangers untuk memberi kondisi pre heating susu sebelum ke perlakuan UHT.

Lain halnya dengan metode indirect UHT processing yang banyak diterapkan dalam industri susu UHT. Keuntungan dari indirect heat transfer yaitu persyaratan yang kurang terperinci untuk peralatan tambahan dan biaya yang digunakan lebih rendah 80% dari direct heat transfer. Metode indirect UHT processing lebih memiliki beberapa kesamaan dengan cara pengolahan susu dengan pasteurisasi, kebanyakan prosesnya bergantung pada penggunaan alat heat exchangers. Umumnya, plate heat exchangers dan tubular heat exchangers adalah alat yang digunakan dalam memproduksi susu UHT.

Di Indonesia, PT. Ultrajaya Milk Industry merupakan market leader dalam produksi susu UHT, di mana kapasitas produksinya menduduki peringkat pertama di Indonesia dengan kapasitas 500 juta ton per tahunnya. PT. Ultrajaya Milk Industry and Trading Company, Tbk adalah salah satu perusahaan dengan bisnis utama produsen minuman terkemuka di Indonesia. Saat awal berdiri, perusahaan yang dikenal sebagai PT. Ultrajaya Milk Industry and Trading Company, Tbk ini merupakan sebuah industri rumah tangga sederhana yang didirikan oleh seorang pengusaha Tionghoa bernama Ahmad Prawirawidjaja pada tahun 1958 di Bandung. Industri rumah tangga ini berkembang menjadi perseroan terbatas (PT.) pada tahun 1971 dan memulai produksi pertamanya sebagai perusahaan pada tahun 1975 yang didirikan dan dipimpin sampai sekarang oleh Sabana Prawirawidjaja yang merupakan generasi kedua dari Prawirawidjaja. Pada mulanya, Ultrajaya Milk hanya terbatas pada pengembangan produk susu. Namun, seiring dengan berkembangnya perusahaan, Ultrajaya Milk mulai memproduksi produk-produk inovasi dalam bidang minuman kemasan lain selain susu.

Kunjungan mahasiswa/i Teknologi Pangan, Surya University ke PT. Ultrajaya Milk Industry

References:

Fellows, P. 2000. Food Processing Technology. Cambridge: Woodhead Publishing Limited.
Safitri MF & Swarastuti A. 2011. Kualitas kefir berdasarkan konsentrasi kefir grain. Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan 2(2):87-92
Utami, I. 2009. Hubungan antara pengetahuan gizi ibu mengenai susu dan faktor lainnya dengan riwayat konsumsi susu selama masa usia sekolah dasar pada siswa kelas I SMP Negeri 102 dan SMPI PB Sudirman Jakarta Timur tahun 2009. Skripsi, Universitas Indonesia, Depok.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kaledo (Kaki Lembu Donggala) - Makanan Khas Sulawesi Tengah

Kaledo merupakan makanan khas Sulawesi Tengah, tepatnya di Donggala, Kota Palu yang berupa sop bening tulang kaki sapi dan sumsumnya yang disajikan saat masih panas. Bumbu-bumbu yang digunakan berupa cabe rawit, dan asam mentah yang terlebih dahulu direbus dan dihaluskan, serta garam secukupnya. Makanan ini banyak dihidangkan pada hari-hari besar oleh masyarakat Sulawesi Tengah, seperti Lebaran atau Idul Fitri. Biasanya, penyajiannya dipadukan dengan Burasa (nasi santan yang dibungkus daun pisang). Selain itu, kaledo khas Palu ini juga biasa dikonsumsi dengan singkong atau ubi rebus (Tjota, dkk., 2017) . Salah satu mata pencaharian Donggala adalah ternak sapi. Donggala memiliki ternak sapi yang khas yang dinamakan sapi Donggala. Sapi Donggala telah dibudidayakan secara turun-temurun, sehingga menjadi kekayaan sumber daya genetik ternak Indonesia. Sumber mata pencaharian inilah yang menciptakan suatu kuliner khas Donggala yang baru yang berbahan dasar daging sapi, yaitu Kaledo (Kak

TABLE MANNER

Table Manner  merupakan aturan etiket yang digunakan dalam sebuah jamuan makan yang terdiri dari beberapa tahap menu yang dihidangkan bergantian dari mulai pembuka (appetizer) sampai pada tahap penutup (dessert). Aturan dalam table manner mencakup penggunaan yang tepat dari peralatan makan. Selama ini table manner identik dengan acara jamuan makan resmi bergaya Barat. Sebenarnya tidak demikian. Etiket makan tidak hanya terdapat di negara-negara barat. Di negara lain seperti Jepang, Cina, termasuk Indonesia pun memiliki etiket makan masing-masing. Pertama kali, table manner diperkenalkan oleh Raja Louis dari Perancis yang memiliki kebiasaan mengadakan jamuan dan mengundang para bangsawan kerajaan-kerajaan di sekitarnya. Bagi bangsa Eropa, table manner merupakan aturan standar yang sering digunakan pada saat acara makan bersama di keluarga besar terutama saat bersantap bersama-sama di sebuah acara resmi. Terdapat beberapa aturan  table manner  yang umum dipelajari,

MAKANAN KHAS INDONESIA HASIL ASIMILASI BUDAYA

Sebagai pembentuk dan penanda identitas kebudayaan suatu daerah, makanan (termasuk bahan pangan yang dapat dikonsumsi) merupakan bagian dari budaya masyarakat yang digolongkan sebagai bagian dari kebudayaan materiil   dan aspek sistem peralatan hidup. Menurut Den Hartog pada tahun 2006, makanan merupakan bagian yang menyatu antara budaya kelompok, agama dan bangsa. Pemaknaan tersebut menandai konsep mendasar mengenai makanan tradisional. Dalam sudut pandang ilmu pangan, ada kecenderungan bagi masyarakat untuk memperkenalkan makanan tradisional dari daerah mereka masing-masing, namun karena masifnya makanan modern dan makanan instan serta perubahan posisi makanan sebagai simbol ekspresi belaka, sehingga masyarakat memilih makanan tersebut menjadi konsumsi sehari-hari dan cenderung melupakan makanan khas daerahnya. Berikut merupakan beberapa contoh makanan khas Indonesia yang menjadi hasil dari asimilasi budaya: Siomay Siomay merupakan salah satu jenis dim sum yang digemari oleh m